81 Pengungsi Rohingya Terdampar di Simpang Ulim, 8 Orang Tewas di Laut

Sebanyak 81 pengungsi etnis Rohingya, Myanmar, terdampar di Desa Kuala Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur. Mereka diduga kabur dari kamp pengungsian di Bangladesh.
Pengungsi Rohingya Terdampar di Simpang Ulim
Ilustrasi pengungsi Rohingya (Antara Aceh/Rahmad)

Pengungsi Rohingya Terdampar di Simpang Ulim

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Sebanyak 81 pengungsi etnis Rohingya, Myanmar, terdampar di Desa Kuala Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur. Mereka diduga kabur dari kamp pengungsian di Bangladesh.

“Dari 81 pengungsi Rohingya tersebut, sebelumnya berjumlah 90 orang. Delapan orang meninggal dan satu hilang di laut,” kata Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh, Miftach Cut Adek, saat dimintai konfirmasi, Jumat (4/6/2021).

Para imigran itu diketahui terdampar di Aceh Timur pagi tadi. Pihak terkait serta TNI-Polri disebut sudah berada di lokasi ‘manusia perahu’ itu terdampar.

Pengungsi Rohingya Terdampar di Simpang Ulim
Ilustrasi pengungsi Rohingya (Antara Aceh/Rahmad)

Miftach mengatakan menerima informasi imigran Rohingya itu kabur dari kamp pengungsi di Bangladesh pada 11 Februari lalu. Mesin kapal mereka disebut mengalami kerusakan beberapa hari lalu.

“Kemudian diselamatkan oleh polisi pantai Andaman, India,” jelas Miftach.

Para imigran itu disebut diberi bantuan berupa makanan dan lainnya. Setelah itu, mereka dilepaskan kembali mengarungi lautan.

“Pagi tadi mereka tiba di Kuala Simpang Ulim,” jelas Miftach. (*)