71 Datok Penghulu di Tamiang Dilantik Serentak, Ini Harapan Bupati

"Dalam menjalankan tugasnya, datok penghulu dituntut untuk mampu menggali potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki. Selain itu juga, Datok Penghulu harus mampu mensinergikan antara potensi dan program Pemerintah Kampung dengan Pemerintah Daerah yang diterima kampung" Bupati Aceh Tamiang, Mursil
pelantikan kades
71 Datok penghulu kampung (kepala des) di Aceh tamiang dilantik serentak di tribun Komplek perkantoran Pemkab Aceh Tamiang. Senin (24/5/2021) acehsatu.com?Ist

71 Datok Penghulu di Tamiang Dilantik Serentak, Ini Harapan Bupati

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG – Sebanyak 71 Datok Penghulu ( Kepala desa-red) di Aceh Tamiang dilantik secara serentak di tribun Komplek Perkantoran Pemkab Aceh Tamiang. Para kepala desa periode 2021-2026 itu langsung dilantik Bupati Aceh Tamiang, Mursil. Senin (24/5/2021)

Sedikit berbeda dari tata tertib pelantikan pada umumnya, sebelum dilakukan sumpah jabatan sebgai kepal desa,  kali ini sebelum memulai pelantikan, Bupati Aceh Tamiang terlebih dahulu memberikan kata sambutan.

Dikatakan Bupati, dengan terpilihnya datok penghulu yang baru, tentunya merupakan cerminan harapan dari masyarakat, akan adanya perubahan yang lebih baik. Oleh karenanya Datok Penghulu dituntut untuk lebih imajiner, kreatif dan inovatif.

“Dalam menjalankan tugasnya, datok penghulu dituntut untuk mampu menggali potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki. Selain itu juga, Datok Penghulu harus mampu mensinergikan antara potensi dan program Pemerintah Kampung dengan Pemerintah Daerah yang diterima kampung,” jelas Mursil.

“Kepada para Datok Penghulu yang akan di lantik, Kami ucapkan selamat, dengan harapan, semoga pelantikan ini dapat Saudara jadikan sebagai langkah awal dalam mengabdikan diri kepada bangsa,negara dan warga masyarakat kampung pada khususnya,” harapnya.

Bupati Aceh Tamiang, Mursil menandatangani naskah sumpah jabatan pelantikan Datok Penghulu di Aceh Tamiang Senin (24/5/2021). Acehsatu.com/Ist

Baru kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan Datok Penghulu yang dilakukan langsung Bupati Aceh Tamiang didampingi pengukuh sumpah sekaligus penandatanganan naskah sumpah Jabatan Datok Penghulu.

Selanjutnya Mursil melakukan penyematan tanda pangkat dan jabatan serta penyerahan surat keputusan Bupati.

Baca : Empat Kepala Desa di Aceh Tamiang Ditangkap di Medan, Usai Keluar dari Tempat Dugem

Baca :Gubernur Teken SK Sekda Aceh Tamiang

Bina Masyarakat

Bupati Aceh Tamiang, Mursil meminta kepada datok penghulu terpilih untuk dapat membina masyarakat dengan baik dan bangun kekompakan di Kampung.

“Jabatan datok Penghulu ini bukanlah jabatan yang mudah, kepada Datok terpilih janganlah serta merta langsung berpuas diri karena kedepannya dibutuhkan kerja keras yang besar untuk membangun Kampung. Yang mana selama masa jabatan pastilah ada kendala yang dihadapi namun berusahalah untuk jadi datok penghulu yang bertanggungjawab dan jujur dalam bekerja,” pungkas Bupati.

Hadir pada pelantikan tersebut, Ketua DPRK, Wakil Ketua DPRK dan beberapa anggota DPRK lainnya, Para Asisten Setdakab Aceh Tamiang, Para Kepala OPD, Kakan Kemenag Aceh Tamiang, dan Para Camat dalam Kabupaten Aceh Tamiang, serta tamu undangan lainnya (*)