7 Wisata Alam Bandar Lampung, Indah dan Memesona

Tak banyak yang menyangka, Bandar Lampung punya segudang wisata menarik yang pastinya sayang untuk dilewatkan.
Wisata Alam Bandar Lampung
Pulau Pahawang di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.(WWW.HALOLAMPUNG.NET)

ACEHSATU.COMBosan berlibur ke Bandung atau Bogor? Anda perlu coba menapaki Bandar Lampung. Lokasinya yang tak terlalu jauh dari Jakarta membuat ibu kota Provinsi Lampung ini menjadi destinasi incaran saat akhir pekan singkat maupun liburan panjang.

Tak banyak yang menyangka, Bandar Lampung punya segudang wisata menarik yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

Tak perlu khawatir dengan penginapan, karena banyak destinasi wisata tentu banyak pula hotel di Bandar Lampung yang bisa jadi pilihan, sesuai kebutuhan dan pastinya anggaran.

Menariknya lagi, letak Bandar Lampung yang berada di daerah teluk yang membuat kawasan ini dikelilingi deretan pantai yang sudah pasti sangat indah dan menawan.

Langsung saja, bagi para penikmat alam, berikut rekomendasi wisata alam Bandar Lampung yang tepat dikunjungi:

  • Pulau Pahawang dan Pulau Wayang

Memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat memukau membuat Pulau Pahawang jadi destinasi populer para wisatawan. Berangkat dari Dermaga Ketapang, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit menuju ke pulau tersebut. Tentunya, Anda harus melakukan diving dan snorkeling setibanya di sana.

Wisata Alam Bandar Lampung
Pulau Pahawang di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.(WWW.HALOLAMPUNG.NET)

Jika masih ada waktu, sempatkan untuk berkunjung ke Pulau Wayang, pulau kecil di Bandar Lampung dengan nuansa seperti di Raja Ampat. Pulau ini memiliki tebing tinggi tanpa penghuni. Lokasinya yang langsung berdampingan dengan laut membuat Pulau Wayang dikenal sebagai lokasi memancing yang populer.

  • Pantai Mutun

Sekitar 10 kilometer dari Bandar Lampung, Anda bisa menemukan pantai dengan pasir putihnya yang sangat indah, Pantai Mutun. Tak hanya itu, pantai ini juga menyediakan berbagai aktivitas air yang sangat seru, mulai dari menaiki kano hingga menjajal banana boat.

Jika Anda menyewa boat, jangan lupa mampir ke Pulau Tangkil yang jaraknya hanya 10 menit dari Pantai Mutun. Tempat ini adalah satu-satunya lokasi parasailing di Lampung, lho! Air pantai yang begitu bening dengan pasir putihnya pasti akan membuat Anda ingin berlama-lama.

  • Teluk Kiluan

Ingin bersua dengan lumba-lumba? Segera menuju Teluk Kiluan, tempat habitat lumba-lumba di Bandar Lampung. Namun, Anda perlu menyewa perahu untuk bisa bertemu dengan hewan laut yang pintar ini untuk mengantar Anda ke habitat mereka.

Setelah puas bermain dengan lumba-lumba, Anda juga berkesempatan untuk berenang di laguna yang letaknya berada di balik bukit tak jauh dari Teluk Kiluan. Airnya yang jernih pasti akan membuat Anda semakin tak sabar ingin menyentuhnya.

  • Taman Wisata Lembah Hijau

Jangan lupa, Lampung juga identik dengan hewan gajah di Way Kambas. Namun, jika Anda tak sempat berkunjung ke sana, Taman Wisata Lembah Hijau bisa jadi alternatifnya.

Taman ini memang jadi destinasi wisata keluarga dengan pemandangan alam Lampung yang memesona. Banyak sekali sarana bermain lengkap dengan area berkemah untuk menyempurnakan kunjungan Anda bersama keluarga. Jangan sampai lupa, coba wahana gajah tunggang untuk berkeliling lembah hijau yang sangat asri dan sejuk. Anda juga bisa bermain dengan para gajah yang pastinya sudah jinak, ya!

  • Wawai Eco Friendly Park

Kalau diartikan, kata “wawai” ternyata punya makna “bagus”. Jadi, tak heran kalau destinasi selanjutnya dinamakan Wawai Eco Friendly Park. Tempat ini memang bagus, dengan banyak fasilitas dan bangunan yang dibuat dengan mengusung konsep alam, misalnya area berkemah dan amphitheater yang mirip dengan rumah Suku Indian.

Anda bisa menyewa area berkemah apabila berwisata bersama rombongan sejumlah minimal 30 orang. Tak hanya berkemah, destinasi ini juga jadi pilihan yang pas untuk memandangi pusat Kota Bandar Lampung dari ketinggian.

  • Taman Kupu-Kupu dan Penangkaran Rusa

Berada di kaki Gunung Betung, Anda sampai di Taman Kupu-Kupu Gita Persada. Taman ini dibuat untuk melestarikan eksistensi kupu-kupu Sumatera yang sudah nyaris punah karena dampak penggundulan hutan. Setidaknya, ada sekitar 100 jenis kupu-kupu Sumatera yang sudah berhasil dilestarikan dan dilindungi di tempat ini.

Dekat dengan taman tersebut, Anda juga bisa mengunjungi penangkaran rusa. Tak hanya berinteraksi langsung dengan para rusa, Anda juga bisa menikmati segar dan hijaunya hutan alam di Lampung, tentunya lengkap dengan banyak spot foto menarik untuk menghiasi laman sosial media Anda.

  • Sawah Bertingkat Bantul

Bukan, ini bukan di Yogyakarta. Anda masih berada di Bandar Lampung. Ada area persawahan berundak yang sangat cantik, yaitu Sawah Bertingkat Bantul. Tidak harus jauh ke Ubud, destinasi satu ini akan memberikan Anda pengalaman wisata alam yang pastinya tak kalah serunya.

Selain berfoto di area sawah, sempatkan pula untuk berpose di Jembatan Gantung Pelita yang terkenal di sana. Kabarnya, jembatan tersebut sudah berusia puluhan tahun, lho! Pasti Anda penasaran seberapa kuat dan kokohnya, bukan?

Ternyata, Lampung punya sisi alam yang begitu eksotis dan menawan, ya! Jadi, siapkan tanggalnya, catat destinasinya, dan pesan segera akomodasinya. Masalah hotel, Anda bisa mendapatkan banyak pilihan terbaik di Blibli. Tentunya, sesuai dengan kebutuhan dan bujet Anda.

Lebih baik lagi jika memesan hotel di Bandar Lampung yang tidak jauh dari destinasi wisata tujuan, juga dekat dengan pilihan kuliner. Jadi, Anda tidak perlu membuang banyak biaya tambahan untuk transportasi maupun makan sesampainya di sana.  Yuk, pesan hotelnya sekarang di Blibli! Lebih mudah dan pastinya tanpa ribet! (*)