68 Positif, Begini Strategi Dinkes Bireuen Lindungi Warga dan Petugas Medis Agar Tidak Terpapar Covid-19

Sekarang ini Dinas kesehatan Bireuen bersama jajarannya juga melakukan skrining awal bagi warga datang berobat yang ada gejala mengarah Covid-19, di Poli Inpeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) sudah tersedia di Puskesmas.
Kepala Dinas Kesehatan Bireuen
Suasana pelayanan di Poli Ispa Puskesmas Kutablang Bireuen. (Foto/Istimewa)

ACEH SATU.COM | BIREUEN – Warga positif terpapar Covid-19 di Bireuen bertambah, hingga saat ini sudah 68 orang. Berbagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus tersebut terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bireuen dan jajarannya, termasuk mengeluarkan peraturan Bupati tentang disiplin dan penegakan hukum bagi pelanggar protokol kesehatan.

Sekarang ini Dinas kesehatan Bireuen bersama jajarannya juga melakukan skrining awal bagi warga datang berobat yang ada gejala mengarah Covid-19, di Poli Inpeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) sudah tersedia di Puskesmas.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Bireuen dr Irwan A Gani, kepada ACEHSATU.COM, Jumat (18/09/2020) terkait perkembangan terkini warga Bireuen yang positif Covid-19 dan langkah strategis mencegah warga dan petugas medis agar tidak terpapar Virus Corona.

Kadinkes Bireuen dr. Irwan Gani

“Upaya utama harus kita lakukan adalah agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, baik bagi masyarakat maupun petugas medis, sebab kita ini tidak tahu ada orang terpapar Covid-19, apalagi tidak ada gejalanya,” imbuhnya.

“Guna melindungi warga, keluarga pasien, petugas medis di Puskesmas dan rumah sakit tidak terpapar. Bagi setiap warga yang berobat ke Puskesmas ada gejala mengarah Covid-19, diskrening di Poli Ispa Puskesmas untuk deteksi dini,” ujarnya.

Dalam pelayanan di Poli ISPA tetap ikuti protokol kesehatan dengan menjaga jarak duduk, seperti di Puskesmas Kutablang dipasang skat tembus pandang dalam melayani warga, “inovasinya dari masing-masing puskesmas,” jelas dr. Irwan A Gani.

Sementara itu, update data Covid-19 di Bireuen, warga positif Corona sudah 68 orang dengan kondisi 45 sudah sembuh setelah dirawat dirumah sakit dan isolasi mandiri dirumah, 16 masih perawatan di rumah sakit dan isolasi dirumah, positif meninggal 7 orang, 44 orang tanpa gejala.

“Bagi warga menjalani isolasi mandiri kita harap disiplin protokol kesehatan, menjaga jaga diri saat berinteraksi sama keluarga, juga OTG tetap jaga kesehatan, konsumsi makanan berprotein, berjemur, olahraga, istirahat yang cukup serta minum vitamin,” pesan dr. Irwan A Gani. (*)