5 Keuntungan Menabung Sejak Dini

Ada pula beberapa orang yang beralasan tidak bisa menabung karena tidak memiliki gaji yang besar.

ACEHSATU.COM – Apakah Anda memiliki tabungan? Pasalnya ada banyak keuntungan menabung sejak dini yang bisa dirasakan, namun sayangnya masih banyak pula orang yang kesulitan menentukan dari tanaman tidak bisa mengelola keuangan dengan baik.

Ada pula beberapa orang yang beralasan tidak bisa menabung karena tidak memiliki gaji yang besar.

Eits jangan salah, menabung tidak harus dalam nominal yang besar, anda bisa menyisihkan pendapatan minimal 100 – 200 ribu rupiah perbulan untuk menabung.

Menabung juga bisa anda ajarkan kepada anak atau adik anda sejak dini, agar mereka terbiasa menabung, misalnya mulai dari memberikan celengan atau rekening menabung untuk anak-anak. Pasalnya ada banyak keuntungan menabung di mana uang tabungan tersebut bisa anda jadikan sebagai dana darurat, uang untuk mencapai target impian Anda dan lainnya.


5 Keuntungan Menabung Sejak Dini
Mulai sekarang, Anda dan anak Anda harus terbiasa menabung sejak dini. Berikut ini merupakan 5 keuntungan menabung sejak dini, diantaranya yaitu:

  1. Menjadi Lebih Disiplin
    Keuntungan menabung sejak dini untuk anak akan mengajarkan mereka menjadi lebih disiplin. Bisa dimulai dengan menetapkan nominal untuk mereka tabung setiap harinya. Kalau anak menabung lebih sedikit dari target atau bahkan tidak menabung, disiplinkan dan nasehati.
    Selalu ingatkan anak Anda untuk rajin menabung dan manfaatnya bagi masa depan. Kalau menabung sudah menjadi kebiasaan, maka akan berdampak juga bagi anak menjadi anak yang disiplin.
  2. Menghargai Uang
    Manfaat menabung akan terus dirasakan sampai anak beranjak dewasa. Dengan menabung, artinya anak akan belajar menghargai uang untuk disimpan dan digunakan di kemudian hari.
    Mereka tidak akan menggunakan uang untuk hal yang kurang penting karena tahu uang itu berharga. Menabung juga membuat anak mengingat kembali perjuangannya untuk menabung sehingga akan dengan bijak menggunakan uangnya.
  3. Sebagai Cadangan Dana
    “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”. Peribahasa ini pastinya sudah sering kita dengar sedari kecil, bukan? Sesedikit apapun anak memulai menabung, maka nantinya setelah beberapa tahun atau saat sudah beranjak dewasa, maka akan menjadi banyak.
    Misalnya saat sudah mau masuk kuliah, ternyata tabungannya sudah mencapai Rp 5 juta. Sangat lumayan untuk menjadi cadangan bekal untuk kebutuhan lainnya, kan. Walaupun dimulai dengan nominal sangat kecil, tetapi nantinya akan sangat berguna.
  4. Mengajarkan Pentingnya Dana Darurat
    Selain untuk mengumpulkan uang untuk masa depan atau untuk membeli barang yang diimpikan, menabung juga akan mengajarkan anak sedari dini pentingnya dana darurat. Dana darurat sangatlah penting untuk menjamin hal-hal tidak berguna di masa depan dapat terkendali.
    Sedari dini anak harus diajarkan apa itu dana darurat. Salah satu manfaat dana darurat bagi anak adalah misalnya saat barangnya rusak dan harus dibutuhkan, jadi anak tidak perlu meminta uang kepada orang tua.
  5. Mencegah Kebiasaan Berhutang
    Dengan menabung maka anak memiliki simpanan uang tambahan. Karena itu, tidak perlu lagi berhutang kepada siapapun. Kalaupun ada kejadian tak terduga, anak sudah memiliki tabungan sebagai dana darurat, jadi akan menghindari risiko berhutang.
    Itulah 5 keuntungan menabung sejak dini yang bisa anak dan Anda rasakan. Agar semangat menabung, Anda bisa menabung di Senyumku-Buka Rekening Online. Pasalnya ada banyak fitur-fitur yang bisa anda gunakan untuk mengelola keuangan lebih baik dan membuat Anda semangat menabung.
    Referensi:
    https://koinworks.com/blog/kebiasaan-menabung-sejak-dini/
    https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/tabungan/manfaat-menabung-sejak-dini/
    https://www.zurich.co.id/id-id/blog/articles/2020/08/5-manfaat-tabungan-anak-dalam-mendidik-buah-hati-berhemat-sejak-dini