40 Pegawai Positif Covid-19, Disdukcapil Bireuen Tutup Seminggu, Pelayanan Dilakukan Secara Online

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bireuen, ditutup satu minggu akibat 40 pegawai dinas tersebut positif corona.
Kadisdukcapil Bireuen, Ir M Jafar MM. (Foto : Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

ACEHSATU.COM | BIREUEUN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bireuen, ditutup satu minggu akibat 40 pegawai dinas tersebut positif corona.

Hal itu berdasarkan hasil pemeriksaan swab baru-baru ini oleh tim Dinas Kesehatan dan RSUD dr Fauziah, Rabu (14/10/2020) lalu.

Ke 40 pegawai itu dinyatakan positif Covid-19 seusai hasil pemeriksaan yang dilakukan Laboratorium Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Minggu (18/10/2020).

“Iya benar, pegawai kami semua 72 orang, beberapa hari lalu di Swab 58 orang, 40 positif, sebelumnya ada 3 positif, jadi semua 43 positif, mencegah penyebaran kantor kami tutup selama satu minggu ke depan mulai dari Senin (19/10/2020),” ujar Kadisdukcapil Bireuen, Ir M Jafar MM, dikonfirmasi AcehSatu.Com, Minggu (18/10/2020) siang.

Dijelaskan, selama kantor ditutup dari Senin-Senin (19-26/10/2020) mendatang, proses pelayanan berbagai administrasi kependudukan KTP, KK, akta kelahiran dan lainnya, dilakukan secara online.

“Selama kantor tutup bagi masyarakat sangat urgen membutuhkan Adminduk bisa melalui website dan menghubungi  tiga nomor WhatsApp telah diumumkan sebelumnya,” ujar Kadisdukcapil.

Lanjutnya lagi, karena sebagian besar pegawainya dari berbagai bidang layanan, operator positif Covid-19. “Utuk melayani masyarakat pelayanan online saya selaku Kadis, dan Kabid juga administrator data base (ADB) ikut mengentri membackup pelayanan,” ungkapnya.

Kadisdukcapil mengharapkan masyarakat dapat memaklumi kondisi yang terjadi dan jika tidak terlalu penting untuk melakukan pengurasan administrasi kependudukan, agar dapat ditunda sementara dulu, bagi yang urgen silahkan menghubungi tiga nomor pelayanan telah disediakan.

Layanan secara oline

Setelah pegawainya diambil sampel Swab oleh tim  Dinas Kesehatan dan RSUD dr Fauziah, guna diperiksa memastikan ada atau tidak terpapar Covid 19. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bireuen, menerapkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk-red) secara online penuh.

Online penuh maksudnya dapat dikunjungi oleh masyarakat membutuhkan pengurusan adminduk melalui website atau dapat langsung menghubungi tiga nomor kontak whatsApp petugas masing-masing tugas layanan ditetapkan.

Hal itu diantaranya dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bireuen, Ir M Jafar MM, ditanyai AcehSatu.Com di sela-sela sedang berlangsung pengambilan sampel swab pegawainya, Rabu (14/10/2020) siang.

“Mulai besok Kamis 15 Oktober 2020, kita terapkan online penuh, disamping website, juga ada tiga nomor pengaduan untuk KK dan KTP 1 nomor What’sApp, begitu juga akte ada nomor khusus, kemudian NIK, dan informasi ada satu WhatsApp khusus,” ungkapnya.

Untuk hal ini sudah ada ditempelkan pengumuman di depan luar kantor dan mulai besok sampai Senin pegawai yang sudah di Swab ini, full tidak berhubungan masyarakat, sambil menunggu hasilnya.

“Untuk dokumen yang sudah jadi seperti KTP, KK, langsung kita antar ke kecamatan masing-masing,” terangnya.

Sedangkan masyarakat yang urgen karena ada orang sakit, melahirkan serta lainnya, silahkan untuk menghubungi nomor WhatsApp. “Artinya kita tetap bekerja tetapi tidak berhubungan langsung dengan masyarakat,” ujar Kadisdukcapil.

Kadisdukcapil menyampaikan untuk akses layanan dokumen kependudukan melalui Website https://dukcapilbireuen.online dan tutorial cara pengajuan dokumen kependudukan secara online di YouTube Disdukcapil Bireuen.

Sedangkan untuk layanan informasi dan pengaduan Daftar Penduduk (Dafduk) di nomor Hp 082210085002 konsultasi KK, KTP, pindah datang, Catatan sipil (Capil) ke nomor Hp 082210085003 konsultasi akta kelahiran, kematian, perkawinan.

Kemudian satu nomor untuk informasi kependudukan (Infoduk) 082210085004 melayani konsultasi, aktifkan nomor induk kependudukan (NIK), informasi dan pengaduan, terang Ir M Jafar MM. (*)