31 Rumah di Aceh Timur Rusak Diterjang Puting Beliung

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur menyatakan 31 rumah di sejumlah desa di kabupaten itu rusak akibat dihantam angin puting beliung.
Rumah di Aceh Timur
Warga memperbaiki atap rumahnya akibat diterjang angin puting beliung di Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (25/4/2021) Antara Aceh/Hayaturrahmah

ACEHSATU.COM | ACEH TIMUR —  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur menyatakan 31 rumah di sejumlah desa di kabupaten itu rusak akibat dihantam angin puting beliung.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur Ashadi di Aceh Timur, Senin, mengatakan dari data awal, rumah yang rusak  20 unit, namun setelah ditelusuri rumah yang rusak mencapai 31 unit.

“Kejadian Sabtu (24/4) pukul 20.00 WIB. Sebagian besar kerusakan rumah di bagian atap. Kerusakan ada juga di bagian dinding akibat tertimpa pohon tumbang,” kata Ashadi.

Ashadi mengatakan rumah yang rusak akibat puting beliung tersebut tersebar di Gampong (desa) Kemuneng, Gampong Seunebok Aceh, Gampong Alue Nibong, dan Gampong Leuge. Semua desa tersebut berada di Kecamatan Peureulak dengan jumlah korban 30 kepala keluarga.

"Sedangkan di Kecamatan Peureulak Barat, rumah yang rusak hanya satu unit di Gampong Beusa Seberang dengan korban satu kepala keluarga," kata Ashadi menyebutkan.

Rumah di Aceh Timur
Warga memperbaiki atap rumahnya akibat diterjang angin puting beliung di Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (25/4/2021) Antara Aceh/Hayaturrahmah

Ashadi mengatakan personel BPBD Aceh Timur bersama unsur terkait lainnya sudah melakukan pembersihan material bencana, seperti memindahkan pohon tumpang yang menimpa rumah warga.

"Kami terus memantau seluruh wilayah, mengingat cuaca masih melanda pantai timur dalam beberapa hari terakhir. Kami juga mengimbau masyarakat tetap waspada sesuai serta terus memantau peringatan dan prakiraan dini BMKG," kata Ashadi. (*)