Berita Lainnya

Hukum

Politik

rekomendasi sofware umkm
Software payroll adalah sistem yang didesain untuk mengelola dan menghitung gaji karyawan. Software ini akan membantu kinerja staf HRD untuk menghitung gaji karyawan serta tunjangan yang ada di dalamnya.

ACEHSATU.COM | TEKNOLOGI – Saat ini, semakin banyak perusahaan yang sadar bahwa mereka harus menyerahkan proses pengelolaan gaji dan perhitungannya menggunakan software tidak lagi cara-cara manual yang acap kali menimbulkan kesalahan.

Software payroll sendiri adalah software khusus yang memang diperuntukan untuk mengelola dan menghitung gaji karyawan secara digital. Selain itu, ada banyak lagi fitur yang ditawarkan oleh teknologi satu ini. Nah, kali ini kami akan rekomendasikan kepada Anda daftar software payroll yang bisa jadi pilihan.

Apa Itu Software Payroll

Software payroll adalah sistem yang didesain untuk mengelola dan menghitung gaji karyawan. Software ini akan membantu kinerja staf HRD untuk menghitung gaji karyawan serta tunjangan yang ada di dalamnya.

Penggunaan software ini akan membantu HR menghemat waktu dan tenaga karena menghilangkan tugas-tugas repetitif.

Mengapa Software Payroll Penting?

Alasan sederhana mengapa perusahaan membutuhkan software payroll adalah karena software ini akan membuat proses administrasi perusahaan lebih efektif dan efisien. Maka dari itu perusahaan membutuhkannya.

Dengan software ini, perusahaan juga dapat mensentralisasi seluruh data terkait penggajian dan memiliki keamanan yang terjamin terkait segala informasi terkait penggajian.

Tips Memilih Software Payroll

Saat ini kita sudah bisa menemukan banyak sekali software payroll. Dengan begitu banyaknya pilihan software yang ada, tentu saja kita harus lebih selektif dalam memilihnya. Lalu, bagaimana sih cara memilih software payroll? Coba lihat tips berikut ini!

1. Susunlah Seluruh Kebutuhan Perusahaan

Software payroll tentu saja harus bisa menunjang setiap kebutuhan perusahaan. Maka itu, sebelum Anda memilih software payroll, pastikan software tersebut memang mampu menjawab kebutuhan perusahaan.

Caranya adalah dengan menyusun daftar apa saja yang Anda butuhkan di dalam software payroll yang Anda inginkan. Susunlah hal-hal paling umum hingga spesifik, dari jumlah karyawan

intensitas penggajian, sampai sistem penggajian atau bonus apa yang digunakan.

2. Tentukan Tingkat Spesifikasi Software Payroll

Jika Anda sudah membuat daftar kebutuhan, lanjut dengan menentukan tingkat spesifikasi software yang dibutuhkan.

Di sini, perusahaan bisa menganalisis lebih dalam mengenai spesifikasi software yang dibutuhkan guna menunjang proses payroll di perusahaan.

Pastikan juga bahwa software tersebut mampu untuk menganalisis laporan penggajian yang akurat dan mendalam.

3. Pastikan Software Payroll Memenuhi Peraturan Penggajian

Berikutnya, pastikan software yang Anda pilih telah menerapkan standar penggajian yang ditetapkan peraturan pemerintah dan juga perusahaan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran atau perusahaan terkena sanksi dari pemerintah.

4. Cek Fitur yang Tersedia

Cocokan segala fitur yang ada di software payroll dengan kebutuhan perusahaan. Hitunglah sejauh apa software tersebut menjawab kebutuhan perusahaan.

Bila banyak kekurangan dari software tersebut, ada baiknya Anda mencari vendor lainnya.

5. Uji Kemampuan Software dengan Demo Produk

Manfaatkanlah demo produk yang ditawarkan vendor untuk menguji sejauh apa kemampuan dari software tersebut dalam mengakomodir kebutuhan perusahaan.

Rekomendasi Software Payroll

Ada beberapa rekomendasi software payroll yang bisa Anda jadikan rujukan dan pertimbangkan. Apa sajakah itu? Berikut ini rekomendasi software payroll yang kami kutip dari LinovHR.

1. Gusto

Rekomendasi pertama adalah Gusto yang merupakan perangkat lunak yang menggabungkan penggajian serta fitur administrasi. Gusto ini cocok sekali untuk ukuran bisnis kecil, ia memungkinkan perusahaan untuk mengelola kebutuhan SDM dan staf.

Beberapa fitur yang dimiliki Gusto antara lain sistem penggajian yang solid, userface yang nyaman, serta otomatisasi yang canggih.

2. OnPay

OnPay adalah salah satu software payroll yang fungsional dan dirancang untuk bisnis kecil dan menengah. Software payroll ini sudah berbasis cloud.

3. Paycor

Platform ini menawarkan solusi penggajian yang komprehensif serta menggabungkan manajemen SDM dalam satu tempat.

Fitur yang ditawarkan pun lengkap membuatnya menjadi pilihan yang tidak perlu diragukan.

Nah, itulah dia pembahasan kita mengenai software payroll, sekarang pastinya Anda semakin paham bukan?

Berita Lainnya

Hukum

Politik