Lhokseumawe

3.333 Mahasiswa Baru Unimal Ikut PAMABA di Islamic Centre

Kegiatan tersebut akan dilangsungkan selama empat hari, dua hari di Masjid Islamic Centre dan dua hari di fakultas masing-masing.

Foto | Muhammad Furqan

ACEHSATU.COM | LHOKSEUMAWE – Sebanyak 3.333 mahasiswa baru Universitas Malikussaleh (Unimal) mengikuti pembinaan akademik mahasiswa baru (pamaba) di Masjid Agung Islamic Centre, Kota Lhokseumawe, Senin (21/8/2017).

Ketua Penanggung Jawab Pamaba Unimal, Arif Rahman kepada ACEHSATU.COM mengatakan, jumlah keseluruhan mahasiswa baru mengikuti pamaba sebanyak 3.333 peserta, terdiri dari laki-laki 1.433 mahasiswa dan 1.900 mahasiswi.

Kegiatan tersebut akan dilangsungkan selama empat hari, dua hari di Masjid Islamic Centre dan dua hari di fakultas masing-masing.

Arif Rahman menambahkan, dalam hal pamaba atau sebelumnya dikenal dengan ospek, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) tidak memperbolehkan lagi melakukan pengenalan akademik kepada mahasiswa baru dengan cara ospek.

“Kita tidak mengenal lagi istilah ospek, karena ospek tersebut lebih kepada plonco dan sehingga menimbulkan efek yang tidak baik kepada mahasiswa baru,” katanya.

Arif menambahkan, materi yang disampaikan dalam kegiatan pengenalan akademik tersebut di antaranya kesadaran bela negara, penilaian bela negara dan keilmuan di perguruan tinggi, bahaya narkoba dan pergaulan bebas, serta sejumlah materi lainnya.

“Kita berharap, dengan kegiatan pengenalan akademik seperti ini, mahasiswa baru ini mampu mengerti hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, mampu melakukan ha-hal yang bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan sekitar, serta mampu menjadi mahasiswa yang taat akan asas dan aturan,” harapnya.

To Top