250 Dosen Universitas Syiah Kuala Positif COVID-19

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Sebanyak 250 dosen Universitas Syiah Kuala (USK atau Unsyiah), Aceh, positif Corona atau COVID-19 sejak Maret 2020. Pihak kampus masih menerapkan kuliah secara daring.

“Sekarang 250 orang, sejak Maret 2020. Kami tidak tahu apakah ada yang ke luar Kota Banda Aceh,” kata Rektor USK Prof Samsul Rizal kepada wartawan, Jumat (4/6/2021).

Samsul dan Wakil Rektor IV Prof Hizir dan Dekan Fakultas Teknik Taufik Saidi juga pernah dinyatakan positif Corona. Mereka diketahui terpapar Corona berdasarkan hasil swab PCR pada Februari lalu.

Menurut Samsul, USK telah melarang sivitas akademika keluar dari daerah. Namun dia mengaku tidak mengetahui persis ada-tidaknya dosen yang ke luar daerah diam-diam.

Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)

“Kalau ke luar Aceh tidak ada atau bisa juga ada tetapi tidak ada izin,” jelas Samsul.

Dia menyebut USK bakal terus melakukan pelacakan kontak erat dengan pasien positif untuk dilakukan swab PCR. Selain itu, USK telah mengeluarkan edaran terkait jadwal kerja.

“Kerja hanya 4 jam dan tidak boleh lebih dari empat orang di ruangan tertutup,” jelasnya.

Samsul mengatakan USK telah menerapkan kuliah daring sejak April lalu. Sedangkan untuk semester depan, pihaknya masih mengkaji ulang.

“Nanti bulan Juli kami evaluasi untuk kuliah semester depan,” ujar Samsul. (*)