238 Karyawan LG di Bekasi Positif Corona, Pabrik Tutup

LG Electronics menutup sementara pabriknya di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, setelah 238 karyawan terpapar virus Corona. LG Electronics pun buka suara.
Karyawan LG positif corona
LG buka suara soal 238 karyawan di pabrik Bekasi positif Corona. (David Ramos/Getty Images)

ACEHSATU.COM | BEKASI – LG Electronics menutup sementara pabriknya di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, setelah 238 karyawan terpapar virus Corona. LG Electronics pun buka suara.

Dilansir dari AFP, LG menegaskan pabrik akan dibuka kembali minggu depan. Karyawan yang hasil uji swab-nya dinyatakan negatif dapat bekerja kembali pekan depan.

“Korporasi telah menguji semua karyawannya yang bekerja di pabrik, dan hanya mereka yang dites negatif yang akan kembali bekerja minggu depan,” demikian pernyataan LG seperti dilansir dari AFP, Rabu (26/8/2020).

“Korporasi berencana untuk memperkuat jarak sosial dan langkah-langkah keamanan,” sebutnya.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan pihak LG telah menyetop operasi pabrik selama 14 hari ke depan terhitung sejak Senin (24/8). Hal itu guna menekan penyebaran virus Corona di kawasan industri.

“Sesuai dengan protokol kesehatan dalam Surat Edaran Menteri Perindustrian Nomor 8, pabrik dapat melakukan langkah-langkah penanganan bila ada pekerja yang terpapar COVID-19. Untuk kasus LG, mereka memutuskan untuk menghentikan produksi selama 14 hari,” kata Agus.

Karyawan LG positif corona
LG buka suara soal 238 karyawan di pabrik Bekasi positif Corona. (David Ramos/Getty Images)

Agus mengungkap awal mula 238 karyawan pabrik LG diketahui terpapar Corona (COVID-19). Awalnya ada beberapa karyawan LG terkonfirmasi Corona.

“Awalnya memang dari adanya kasus pekan lalu sebanyak 1 atau 2 karyawan,” kata Agus kepada wartawan, Selasa (25/8).

Setelah itu, pihak Pemkab Bekasi melakukan tracing terhadap seluruh karyawan pabrik LG. Hasilnya, 238 pegawai positif Corona. (*)