Kolom Muhrain

23 Tahun Kiprah UKM Seni Putroe Phang Unsyiah

Sepanjang tahun hingga 2018 (23 tahun) PP yang kiprahnya tidak pernah padam terus menghasilkan berbagai prestasi bagi Aceh.

Foto | Muhammad Rain

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Putroe Phang (PP) telah menghasilkan segudang karya seni pertunjukan sejak berdirinya pada 1995 silam. Terakhir kali, UKM PP gelar karya seni tari dan jenis pertunjukan lainnya bertajuk Artcoholic Exhibition X di Minggu (malam) 13 Mei 2018 berlangsung di Open Stage Taman Seni dan Budaya Aceh, Setui Banda Aceh.

PP selaku Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dari Universitas Syiah Kuala telah berkiprah sejak didirikan pada tahun 1995. Di bawah pelindungnya langsung Rektor Unsyiah, PP digagas sejak pertengahan Desember 1994.

Sepanjang tahun hingga 2018 (23 tahun) PP yang kiprahnya tidak pernah padam terus menghasilkan berbagai prestasi bagi Aceh, khususnya Unsyiah.

PP tidak hanya menghasilkan karya garapan  atau melestarikan karya tradisi, komunitas yang multitalen tersebut juga terlibat dalam berkesenian selain tari semata, merambah bidang musik garapan, fotografi, berkiprah juga sebagai lembaga sponsorship, pelaksana perlombaan atau panitia kompetisi seni di kawasan Banda Aceh dan sekitarnya.

Bahkan sebagai UKM kampus besar sekelas Unsyiah, kompetisi tingkat propinsi, nasional bahkan internastional pun pernah melibatkan PP sebagaimana akhir-akhir ini PP mengirim utusan ke Cina dalam even PPIT Wuhan Promosi Indonesia melalui Festival Nusantara atau dikenal dengan Festival Nusantara Indonesia, Huazhong Agricultural University Wuhan-Cina.

Beberapa prestasi yang dimiliki PP antaranya: Pemenang Koreografi I pada Festival Tari Kreasi Baru se-NAD pada 2008, Terlibat pada even Unsyiah Fair 5 di Gelanggang Mahasiswa Unsyiah pada 2009, Juara II Lomba Likok Pulo Unsyiah Fair 5 pada 2009, Meraih Best Performance Band pada acara Parade Musik Arsitektur (PARASIT) diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Unsyiah pada 2009.

Juara 1 Lomba Festival Rapai Garapan even Piasan Seni Banda Aceh pada 2014, Terbaik IV Lomba Musik Kontemporer pada Piasan Seni Banda Aceh 2016, Juara 3 tari Ratoh Jaroe se-Aceh even Tarbiyah Fair 4 pada 2017.

Penyaji Terbaik V Lomba Musikalisasi Puisi even Piasan Seni Banda Aceh pada 2017, Juara 1 Lomba Fotografi Tingkat Umum di laksanakan di Anjong Mon Mata pada 2018, Juara II Agretekoestik di Unsyiah.

Terbaik I Tari Tingkat Umum even Komunitas Seni Islami pada 2008, Juara 1 Lomba Desain Poster seleksi Seni Mahasiswa Tingkat Unsyiah pada 2014. Meraih nominasi kategori seni dan budaya pada Unsyiah Fair XI dalam rangka Unsyiah Fair Awards oleh BEM Unsyiah pada 2016,

Selain itu, PP juga meraih berbagai piagam penghargaan atas keterlibatan komunitas seni dari kalangan mahasiswa Unsyiah di berbagai aktifitas nonkompetisi, antaranya;

Sebagai peserta Askom berpartisipasi dalam penyelenggara pameran rakyat, pentas seni musik & festival seni tari Himatekh-PP selaku peserta dalam ajang seni dan kreativitas olahan mahasiswa pada 2007 yang dilaksanakan oleh Fakutas Pertanian Unsyiah.

Turut terlibat pada National Mool Courl Competition ALSA NC Indonesia Piala MA pada 2015, Terlibat selaku sponsor pada acara Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional Banda Aceh-Sabang pada 2016. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top