oleh

2019, Menkominfo Berharap Ponsel 4G Dibanderol Rp500 Ribuan

-Indeks-31 views
Ilustrasi
Ilustrasi

ACEHSATU.COM, JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyimpan harapan besar dari proyek Palapa Ring yang dibesut pemerintah. Infrastruktur ini diprediksi mampu membuat ponsel 4G menjadi “ponsel sejuta umat” dengan harga murah.

Proyek Palapa Ring yang akan didorong menjadi backbone infrastruktur jaringan di seluruh Indonesia ditargetkan rampung pada 2019 mendatang, khususnya menyebarkan jaringan 4G LTE. Di masa itulah Rudiantara berharap bisa mempengaruhi harga ponsel 4G di Indonesia.

“Ponsel 4G itu kan bergantung dengan jaringan 4G. Nanti 2019 4G ada di mana-mana, apalagi ada backbone dari Palapa Ring,” ujar Rudiantara usai jumpa pers acara Lenovo di Gedung Kominfo, Jakarta, Kamis (20/10).

Menteri yang akrab disapa Chief RA ini menekankan agar tiga aspek penting yaitu DNA (device, network, dan application) sudah seharusnya berkembang secara bersamaan.

“Anggap saja dalam setahun ponsel 4G diproduksi sebanyak 1,5 juta unit. Kalau 4G ada di mana-mana dan permintaan dari konsumen tinggi, maka produksi ditingkatkan jadi 3 juta unit. Skala ekonomi jadi naik. Perangkat bisa jadi murah di harga Rp400 sampai 500 ribu,” lanjutnya.

Bahkan saat ini sudah banyak ponsel pintar yang dijual di kisaran Rp1 jutaan atau bahkan di bawahnya.

Rudiantara mengaku sangat mengapresiasi langkah produsen ponsel pintar yang membanderol ponsel dnegan harga Rp1 jutaan karena bisa menjadi salah satu cara ‘merayu’ masyarakat untuk segera mencicipi jaringan 4G LTE di Indonesia. (Cnnindonesia)

Komentar