Berita Lainnya

Hukum

Politik

ACEHSATU.COMSedikitnya 20 orang tewas dan beberapa lainnya luka-luka setelah sebuah bus yang membawa jamaah umrah terlibat dalam kecelakaan lalu lintas di Jalan Aqabat Shaar di wilayah Asir, Arab Saudi. Menurut sumber yang mengetahui detail kecelakaan bus, peristiwa itu terjadi pada Senin (27/3/2023) sore.

“Menurut informasi awal yang kami terima, jumlah kematian dalam kecelakaan ini mencapai 20 orang, dan jumlah total luka-luka sekitar 29 orang,” menurut laporan saluran TV Al Ekhbariya. Korban berasal dari negara yang berbeda-beda tanpa menyebutkan detilnya. Cuplikan di TV lokal menunjukkan badan bus yang terbakar.

Kecelakaan diduga akibat kerusakan pada rem bus yang menyebabkan kendaraan menabrak jembatan, menurut media setempat. Bus lalu terbalik dan terbakar. Penumpang yang berada di dalam bus pun terjebak di dalamnya.

Tim Pertahanan Sipil dan Bulan Sabit Merah langsung menuju lokasi kecelakaan. Korban tewas dan luka-luka dipindahkan ke sejumlah rumah sakit di wilayah Asir. Pihak berwenang membersihkan jalan untuk melanjutkan pergerakan lalu lintas.

Kecelakaan bus jamaah umrah bukan pertama kali terjadi. Pada Oktober tahun lalu, terjadi kecelakaan bus yang melibatkan jamaah umrah dari Indonesia. Peristiwa tersebut mengakibatkan dua warga negara Indonesia (WNI) tewas dan korban lainnya luka-luka. Dua WNI yang tewas itu adalah sopir bus dan muthawif atau pendamping umrah. (*)