18 Kasus Varian Delta Terdeteksi di Aceh, Satgas Covid-19 Aceh Minta Masyarakat tidak Panik

Sedikitnya total 18 Kasus varian delta Covid-19 terdeteksi di Aceh. Terkait hal itu Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Aceh meminta masyarakat tidak panik menyikapinya.
Kasus Varian Delta Terdeteksi di Aceh
Foto Dok. Antara

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Sedikitnya total 18 Kasus varian delta Covid-19 terdeteksi di Aceh. Terkait hal itu Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Aceh meminta masyarakat tidak panik menyikapinya.

“Protokol kesehatan dan dua dosis vaksinasi COVID-19 masih sangat efektif mencegah serangan infeksi varian delta itu,” kata Juru Bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Kamis (26/8/2021).

Saifullah juga nenyebutkan, Satgas COVID-19 Aceh belum mendapatkan rincian kabupaten/kota yang sebaran virus corona varian delta itu.

Menghadapi virus Corona varian Delta masyarakat diimbau untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan

Menurutnya, bagian dari upaya mitigasi masyarakat patut mengetahui dan mewaspadai terutama perkembangannya.

Kasus Varian Delta Terdeteksi di Aceh
Foto Dok. Antara

Karena virus ini memiliki daya tular lebih cepat bila dibandingkan varian SARS-CoV-2.

Selain itu varian delta juga memicu simtomatik penyakit yang lebih berat dan risiko kematian yang lebih tinggi.

“Virus varian delta diyakini memiliki daya tular berkali-kali lipat lebih cepat dibandingkan varian SARS-CoV-2, penyebab COVID-19,” katanya.

Menurut catatan WHO, sambung Saifullah, varian delta sudah terdeteksi di 132 negara.

“Masyarakat tidak perlu panik menyikapi penambahan varian delta di Aceh. Keganasan virus varian baru ini masih efektif diatasi dengan protokol kesehatan yang dikampanyekan selama ini dan dua dosis vaksinasi COVID-19,” pungkasnya. (*)