Berita Lainnya

Hukum

Politik

Penginapan di Sabang
Ilustrasi - Petugas KKP Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue Banda Aceh melakukan pemindaian suhu tubuh seorang turis asing di Kota Banda Aceh, Kamis (12/3/2020). (ANTARA/Khalis)

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Sebanyak 1,7 juta wisatawan nusantara dan mancanegara melancong ke Aceh sepanjang tahun 2022.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menargetkan jumlah turis yang bertamasya ke Tanah Rencong tahun ini 2,5 juta orang.

“100 event Khazanah Nanggroe dan 3 event karisma nusantara itu sudah terlaksana pada 2022 dan efeknya kita lihat 1,7 juta wisatawan mancanegara dan nusantara hadir di Aceh,” kata Kepala Disbudpar Aceh Almuniza Kamal kepada wartawan, Selasa (31/1/2023).

Untuk tahun ini, Disbudpar Aceh telah menyiapkan 100 event untuk menarik kunjungan wisatawan. Tiga di antara kegiatan itu masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) yakni Aceh Culinary Festival, Ramadhan Festival dan Sabang Marine Festival.

BACA JUGA: Aceh Miliki Anugerah dan Potensi Besar Untuk Kembangkan Wisata Halal

Selain itu, katanya, tahun ini juga akan digelar Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8. Event empat tahunan itu ditargetkan dapat mendatangkan wisatawan dari berbagai daera di Indonesia serta mancanegara.

“Paling menarik itu adalah PKA yang ke-8. PKA dan tiga event yang masuk KEN kita yakin bahwa 2,5 juta wisatawan mancanegara dan nusantara akan hadir di Aceh,” jelas Almuniza.

BACA JUGA: Menjelang Tahun Baru Kunjungan Wisatawan ke Sabang Mencapai 11.926 Orang

Menurutnya, dari 2,5 juta itu pihaknya menargetkan jumlah kunjungan turis mancanegara sebanyak 500 ribu orang. Berbagai atraksi wisata akan disuguhkan ke pelancong yang melancong ke Tanah Rencong.

“InsyaAllah bisa kita capai targetnya. Mudah-mudahan harapan dan target wisatawan 2,5 juta bisa kita raih dipenghujung tahun 2023,” ujarnya. (*)