16 Kilogram Ganja dan 636,08 Gram Sabu Hasil Sitaan Dimusnahkan

Pemusnahan 16 kilogram ganja, 636,08 gram sabu, dan 82 karton rokok merek Luffman oleh Kejari Langsa, Senin (10/8/2020). | ACEHSATU.COM/ Jamil Gade

ACEHSATU.COM | LANGSA – Kejaksaan Republik Indonesia (Kejari) Langsa memusnahkan barang bukti (BB) hasil sitaan perkara tindak pidana narkotika. Adapun narkotika yang dimusnahkan terdiri dari 16,15 kilogram ganja kering dan sabu dengan berat keseluruhan 636,08 gram.

Pemusnahan itu dilakukan menyusul perkara yang tangani telah memiliki keputusan hukum tetap (inkracht), bertempat di IPLT Gampong Simpang Wie Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa, Senin (10/8/2020).

Selain memusnahkan narkotika, Kejari Langsa juga turut memusnahkan BB sitaan dari perkara tindak pidana khusus, yaitu 82 karton rokok merek Luffman.

Pemusnahan BB disaksikan Kapolres Langsa AKBP Giyarto, SIK dan Kepala BNN Kota Langsa, AKBP Basri SH MH.

Selain itu, pemusnahan juga dihadiri Asisten III Pemko Langsa  Junaidi Skm MKes, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Langsa, Umar ST dan sejumlah Kepala OPD Pemko Langsa.

Kajari Langsa Ikhwanul Hakim, SH dalam sambutannya mengatakan, BB yang dimusnahkan pihaknya merupakan hasil dari tidak pidana umum maupun tindak pidana khusus.

Pemusnahan BB tersebut, jelas Kajari, dilakukan karena telah miliki keputusan hukum tetap dan agar disaksikan secara terbuka oleh semua pihak.

Prihatin

Dalam kesempatan itu, Ikhwanul mengungkapkan rasa keprihatinannya terkait masih maraknya kasus tindak pidana narkotika. Apalagi menurut dia, pelaku yang terungkap rata-rata berusia remaja.

Karena itu, Kajari Langsa itu mengimbau semua pihak agar dalam penanganan tindak pidana narkotika ini bersikap tegas dan tidak boleh main-main. Narkotika, kata dia, sangat merusak terutama bagi generasi anak bangsa.

“Ini adalah tugas kita bersama, untuk memberantas narkotika khususnya di kota tercinta ini,” katanya menandaskan. (*)