15 Tahun Lahirnya Partai Aceh DPW-PA Aceh Utara Lakukan ini

Dalam Pemilihan umum legislatif Indonesia 2019, Komisi Independen Pemilihan (KIP) menetapkan Partai Aceh sebagai partai politik lokal yang meraih kursi terbanyak
partai aceh
partai aceh

ACEHSATU.COM | Lhoksukon – 15 Tahun Lahirnya Partai Aceh DPW-PA Aceh Utara Lakukan ini. Partai Aceh (PA) merupakan salah satu partai politik lokal (Parlok) di provinsi Aceh.

Partai Aceh yang lahir pasca konflik berkepanjangan antara Pemerintah Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Provinsi Aceh.

Setelah terjadinya perdamaian dan mentandatangani butir-butir MoU antara Pemerintah Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka pada tanggal 15 Agustus 2005 lalu, dan dalam MoU tersebut Provinsi Aceh diberikan hak istimewa bisa mendirikan partai lokal.

Dan salah satu partai lokal yang berdiri pasca damai tersebut adalah partai Aceh yang lahir
pada tanggal 07 Juli 2007 lalu dan saat ini sudah berusia 15 tahun.

Partai ini ikut dalam Pemilihan Umum Legislatif Indonesia 2009 dan pemilihan anggota parlemen daerah Provinsi Aceh.

Dalam Pemilu 2009, Partai Aceh meraih suara mayoritas di Provinsi Aceh dengan menguasai 47% kursi yang tersedia namun pada pemilu 2014 hanya mampu merebut 26 kursi dari 81 kursi.

Namun dalam Pemilihan umum legislatif Indonesia 2019, Komisi Independen Pemilihan (KIP) menetapkan Partai Aceh sebagai partai politik lokal yang meraih kursi terbanyak

Meski harus kehilangan 11 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dari pada pemilu sebelumnya, sekarang mendapat 18 kursi dari 81 kursi DPRA.

Dalam rangka memperingati 15 tahun berdiri nya partai Aceh maka setiap Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) – Partai Aceh (PA) akan diadakan acara doa bersama, tausiah singkat dan santunan Anak yatim.

Ketua Harian DPW – PA Aceh Utara Tgk Fauzan Hamzah yang dihubungi Acehsatu.com pada Rabu (06/07/2022) mengatakan,

Besok kita akan memperingati 15 tahun lahirnya partai Aceh yang akan di kita pusatkan di kantor DPW-PA Aceh Utara tepatnya di desa mancang Kecamatan Samudera.

Lanjutnya, Acara serupa juga di adakan di DPP – PA di Banda Aceh.” Besok kita agendakan acara nya doa bersama, tausiah singkat dan santunan anak Yatim”, Sebut Tgk Fauzan.

Di usia Partai Aceh yang sudah 15 tahun dirinya berharap agar partai Aceh kedepannya lebih kokoh dan kuat serta dapat segera menyelesaikan dan memperjuangkan butir – butir MoU yang saat ini belum berjalan sepenuhnya.