oleh

15 Dokter dan 2 Perawat RSUD Tamiang Positif Corona

15 Dokter dan 2 Perawat RSUD Aceh Tamiang Positif Corona

ACEHSATU.COM | ACEH TAMIANG Sebanyak 15 dokter dan 2 perawat di RSUD Aceh Tamiang dinyatakan positif covid.

Akibatnya, setelah 15 dokter dan 2 perawat terkonfirmasi positif corona, pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IG) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Tamiang dipindah ke tenda darurat setelah belasan dokter dan perawat dinyatakan positif virus Corona.

Diketahui, 15 dokter dan 2 perawat positif Corona.

“Yang saya ingat, dokter RSUD 15 orang, petugas kesehatan 2 orang,” ujar juru bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Aceh Tamiang Agusliayana Devita, Sabtu (1/8/2020).

Devi mengatakan penutupan sementara IGD RSUD dilakukan sejak Kamis (30/7) kemarin. Keputusan itu diambil Bupati Aceh Tamiang Mursil dalam rapat yang digelar bersama pihak terkait.

“Seluruh tenaga medis yang bertugas di RSUD, khususnya di ruangan IGD, telah dilakukan pengambilan swab dan alat-alat medis akan dilakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan,” jelas Devi.

Setelah IGD tutup, pelayanan dipindahkan ke tenda darurat yang dibikin di halaman ruangan Poli RSUD Aceh Tamiang.

Pelayanan di sana melibatkan para dokter dan tenaga medis dari puskesmas di beberapa wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.

“Sementara untuk pelayanan poli dan rawat jalan masih tetap dibuka seperti biasa. Petugas medis RSUD yang negatif akan diminta aktif kembali. Namun, jika ada yang positif, akan diminta melanjutkan isolasi mandirinya di rumah,” ujar Devi.

Devi menyebutkan, terhadap warga Aceh Tamiang yang membutuhkan perawatan darurat, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang telah berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit Pertamina. Pelayanan di puskesmas juga akan dimaksimalkan.

“Ini dilakukan sembari menunggu sterilisasi dan normal kembali pelayanan di RSUD Aceh Tamiang,” jelas Devi.

Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Tamiang mulai tadi ditutup untuk sementara.

Penutupan  IGD tersebut diduga akibat paramedis RSUD Aceh Tamiang positif corona.

Penutupan tersebut dimulai hari ini, Kamis (30/7/2020).

Data sebelumnya

Informasi dihimpun, pengalihan pelayanan IGD ini ke tenda darurat disebabkan status 16 paramedis positif Covid-19 berdasarkan hasil swab yang dikeluarkan Balitbangkes pada 29 Juli 2020.

Termasuk satu orang dokter spesialis. (*)

Indeks Berita