9 Kabupaten di Aceh Masuk Zona Kuning, Ini Dia Rinciannya

9 Kabupaten di Aceh Masuk Zona Kuning, Ini dia Kabupatennya  

ACEHSATU.COM  – Setelah Pemerintah mengumumkan sejumlah daerah yang masuk zona merah covid-19 termasuk sembilan kabupaten kota di Aceh, hari ini, Senin (8/6) pemerintah kembali mengumumkan 136 kabupaten/kota yang tergolong sebaga zona kuning  atau wilayah dengan resiko rendah penularan virus corona.

Penetapan  zona merah di Aceh menuai protes sejumlah daerah, termasuk Aceh Tamiang, bahkan  Bupati Aceh Tamiang, Mursil baru saja melayangkan surat ke Plt Gubenur Aceh agar meninjauk kembali penetapan zona merah  untuk kabupaten  ujung timur Aceh ini.

Hari ini Pemerintah lewat, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, dr Dewi Nur Aisyah, lewat siaran langsung di akun YouTube BNPB Indonesia, Senin (8/6/2020) sore menyampaikan 136 kabupaten/kota yang tergolong sebagai zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan virus Corona.

“Data tersebut kami update setiap minggunya dan 136 kabupaten/kota ini merupakan kabupaten/kota berisiko rendah per tanggal 7 Juni 2020,” kata Dewi.

Dia menjelaskan, data ini bersifat dinamis. Data dapat berubah sewaktu-waktu. Daerah yang saat ini dinyatakan sebagai zona hijau bisa saja berubah menjadi zona kuning. Maka semua warga perlu senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

“Data COVID-19 bersifat sangat dinamis. Terdapat daerah-daerah yang sebelumnya mungkin tidak terdampak, namun dapat berubah menjadi daerah-daerah dengan risiko rendah. Begitu juga ada daerah dengan risiko rendah dapat berpindah menjadi zona risiko sedang ataupun sebaliknya,” tutur Dewi.

Sekadar catatan, di seluruh Indonesia ada 514 kabupaten/kota, terdiri atas 416 kabupaten dan 98 kota. Sebanyak 136 di antaranya kini dinyatakan sebagai zona risiko rendah Virus Corona, diantaranya sembilan Kabupaten di Aceh dan dua di Sumatera Utara, berikut kabupaten zona kuning  tersebut

Provinsi Aceh

  1. Aceh Barat Daya
  2. Aceh Tamiang
  3. Kota Lhokseumawe
  4. Pidie
  5. Simeulue
  6. Kota Banda Aceh
  7. Aceh Utara
  8. Gayo Lues
  9. Bener Meriah

Provinsi Sumatera Utara

  1. Kota Padang Sidempuan
  2. Tapanuli Utara