100 Koperasi di Aceh Besar Akan Dialihkan ke Sistem Syariah

 Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Aceh Besar, merencanakan akan mengalihkan sekitar 100 koperasi dari sitem konvensional ke sistem syariah .
sistim syariah
ilustrasi : Koperasi Syariah/ pelajaran.co.id

ACEHSATU.COM [ ACEH BESAR –  Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Aceh Besar, merencanakan akan mengalihkan sekitar 100 koperasi dari sitem konvensional ke sistem syariah .

100 koperasi tersebut tersebar disejumlah kecamatan di Aceh Besar.

Kabid Koperasi dan UMKM, Zahri kepada wartawan, Senin (13/12/2021) mengatakan, koperasi yang akan dialihkan ke sistem syariah tersebut antara lain koperasi simpan pinjam, koperasi kopsyah, koperasi pegawai negeri yang melaksanakan usaha simpan pinjam dan koperasi masyarakat lainnya.

“Sekitar 100 koperasi yang akan kita alihkan ke sistem Syariah,” ujar Zahri

Lanjutnya, pengalihan koperasi ke sistem syariah sangat penting seiring berlakunya Qanun Lembaga Keuangan Syariah di Aceh namun kendalanya saat ini, Aceh Besar belum memiliki Dewan Pangawas Syariah (DPS) karena DPS yang akan mendampingi pengalihan status dari konvesional ke syariah tersebut.

Untuk mengatasi kendala tersebut itu, tahun ini pihaknya akan mengirimkan nama –nama calon dewan pengawas syariah  ke provinsi untuk diseleksi sehingga harapan kedepan terselesaikan persoalan koperasi yang mau ke pola syariah, demikian Kabid Koperasi dan UMKM, Zahri (*)