oleh

10 Desa di Sublussalam Siap Gelar Pilkades

-Indeks-200 views

ACEHSATU.COM | SUBULUSSLAM – Sebanyak sepuluh desa Kota Subulussalam akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada, Oktober 2020 Mendatang.

Kabag Tata Praja Setdako, Khainuddin, SKM, MAP di ruang kerjanya, Selasa 25 Februari 2020 mengatakan,ada sepuluh desa di masing-masing tiga desa di Kec. Penanggalan, yakni Desa SKPC Penuntungan, Jontor dan Kuta Tengah.

Lalu tiga di Kec. Sultan Daulat, yakni Desa Singgersing, Ciparepare Timur dan Jambi Baru, satu di Kecamatan Rundeng yakni Desa Batubatu serta tiga desa di Kec. Longkib, yakni Darul Aman, Sikerabang dan Sepang.

“Untuk Desa Kuta Tengah dan Jambi Baru sudah ditetapkan Pj,dan untuk delapan kepala desa lainnya baru akan berakhir,18 Desember 2020.”kata khainuddin

Soal kepala desa yang kembali mencalonkan diri, Khainuddin didampingi Kasubag Administrasi Mukim dan Perangkat Kampong, Abdul Rajab mengatakan harus mengundurkan diri.

Sementara mekanisme terkait, enam bulan sebelum jabatan kepala desa berakhir, Badan Permusyawaratan Kampong (BPK) setempat harus menyurati kepala desa yang bersangkutan dan ditembuskan kepada camat.

Selanjutnya akan dibentuk panitia Pilkades tingkat desa. Soal anggaran, Khainuddin sebutkan bersumber dari APBK terkait dengan kepanitian tingkat kota, sementara di tingkat desa melalui APBDes.

Ditambahkan, untuk 2021, sembilan kepala desa akan berakhir masa jabatan per 20 April 2021.

Sembilan desa tersebut tersebar di Kec. Simpang Kiri, Penanggalan dan Sultan Daulat.

Sementara tiga desa di Kec. Simpang Kiri, yakni Subulussalam Timur, Belegen Mulia dan Danau Teras. dan Empat di Kec. Penanggalan, Penanggalan, Penanggalan Timur, Penanggalan Barat dan Dasan Raja. Sedangkan dua di Kec. Sultan Daulat, yakni, Batu Napal dan Jabijabi Barat.pungkas khainuddin. (*)

Komentar