1.000 Talenta Digital Lokal Siap Dilatih Oleh Shopee

seiring pengalaman dan kegigihannya, Rangga berhasil memimpin beberapa proyek, salah satunya membantu mengembangkan sistem pembayaran digital SeaMoney yang saat ini sudah digunakan oleh lebih dari 300 juta orang di empat negara.
1.000 talenta digital lokal siap dilatih Oleh Shopee
Presiden Joko Widodo saat menghadiri peresmian Sea Labs Indonesia, yang merupakan bagian dari induk perusahaan Shopee, Sea Group di kantor Sea Labs Indonesia, Gedung Pacific Century Place, Jakarta, Selasa (1/3/2022)

ACEHSATU.COM | Jakarta – 1.000 talenta digital lokal siap dilatih Oleh Shopee. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berbincang dengan beberapa talenta digital lokal yang berkiprah di luar negeri dalam peresmian Sea Labs Indonesia.

Sea Labs Indonesia merupakan bagian dari induk perusahaan Shopee, Sea Group, yang melatih 1.000 talenta digital lokal.

Beberapa talenta digital yang berkesempatan berbincang dengan Jokowi adalah Rangga Garmastewira – Tech Lead Sea Money, Ainun Najib – Head of Analytics, Platform & Regional Business Grab Singapore, Chairani Aulia Nusapati – Software Engineer, Google UK, serta Veni Johanna – Director of Engineering Asana di Amerika Serikat.

Dalam kesempatan ini, Rangga menyatakan akan kembali ke Indonesia untuk berkarya dan berkontribusi membantu mengembangkan industri teknologi tanah air.

“Dengan adanya Sea Labs Indonesia, saya akan pulang Pak untuk berkontribusi langsung di tanah air.

Nanti bulan April, saya bergabung di Sea Group Indonesia dan akan mengembangkan digital payment gateway Indonesia, Pak,” ujar Rangga kepada Jokowi.

Alumni ITB jurusan Ilmu Komputer ini, awalnya sempat gagal untuk berkarir di perusahaan teknologi.

Namun, seiring pengalaman dan kegigihannya, Rangga berhasil memimpin beberapa proyek, salah satunya membantu mengembangkan sistem pembayaran digital SeaMoney yang saat ini sudah digunakan oleh lebih dari 300 juta orang di empat negara.

Selain Rangga, Ainun Najib yang merupakan talenta digital kebanggaan Indonesia asal Surabaya, Jawa Timur ini sukses memimpin Divisi Analytics, Platform & Regional Business Grab Singapura, dalam kurun waktu 3 tahun.

Pria yang sempat menempuh pendidikan di Nanyang Technological University, jurusan Teknik Komputer ini, sempat menjadi perbincangan di media sosial Twitter, beberapa waktu yang lalu.

Jokowi bahkan meminta Ainun untuk kembali ke tanah air dan mengembangkan sumber daya digital Indonesia. Ainun mengutarakan pendapatnya pada Jokowi terkait potensi besar Indonesia dalam bidang digital.

“Saya optimis sekali Pak, Indonesia ini sudah kodratnya menjadi talenta teknologi yang terbesar.

Saya rasa hanya soal waktu, yang perlu dilakukan untuk jangka panjang (pengembangan talenta digital Indonesia) lebih baik dilakukan oleh mas Menteri Nadiem,” kata Ainun.

Sea Labs Indonesia diresmikan langsung oleh Jokowi didampingi oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, serta Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki, bersama dengan Chief Operating Officer Sea, Ye Gang, di kantor Sea Labs Indonesia, Gedung Pacific Century Place, Jakarta, Selasa (1/3).